Halaman

Just Share What I Want To Share

Rabu, 12 September 2012

DEFINISI START UP WIN XP & WIN 7

#DEFINISI START UP WIN XP & WIN 7



Start up adalah proses awal saat menyalakan komputer !Proses start up windows dapat diuraikan sebagai berikut :

1.MBR adalah sebuah program yang sangat kecil yang terdapat pada sector pertama hardisk, MBR kemudian me-load suatu program bernama NTLDR ke dalam memori.

2.NTLDR kemudian memindahkan komputer ke "flat memory model" (bypassing the 640KB memory restrictions placed on PCs) kemudian membaca file BOOT.INI.


3. Jika komputer mempunyai beberapa partisi yang bootable, NTLDR akan menggunakan informasi yang terdapat pada file BOOT.INI untuk menampilkan pilihan boot, apabila hanya terinstall windows xp saja maka tampilan menu akan dilewati dan windows akan me-load windows xp.


4. Sebelum meload windows xp, NTLDR membuka program lain ke dalam memory yang disebut NDETEC.COM. File ini melakukan pengecekan semua hardware yang terdapat pada komputer. Setelah semua hardware ditemukan, NDTECT.COM memberikan kembali informasi tersebut ke NTLDR.


5. NTLDR kemudian berusaha me-load versi Windows XP yang dipilih pada step 3. Hal ini dilakukan dengan menemukan file NTOSKRNL pada folder System32 yang terdapat pada directory windows xp . NTOSKRNL adalah program utama pada system operasi windows yaitu sebuah "kernel" Setelah kernel tersebut di-load ke memory, NTLDR passes control of the boot process to the kernel and to another file named HAL.DLL. HAL.DLL controls Windows’ famous hardware abstraction layer (HAL)


6.NTOSKRNL kemudia menangani proses boot selanjutnya. Langkah pertama adalah meload beberapa "low-level system drivers". Kemudian NTOSKRNL me-load semua file-file yang dibutuhkan untuk membuat "core" sistem operasi windows xp.


7. Kemudian, Windows akan memverifikasi apakah terdapat lebih dari satu konfigurasi hardware profile pada komputer, kalau terdapat lebih dari satu hardware profile windows akan menampilkan menu pilihan, tetapi apabila hanya terdapat satu profile maka windows akan langsung me-load default profile.


8. Sesudah windows mengenali hardware profile yang digunakan, windows kemudian me-load semua device driver untuk semua hardware yang terdapat pada komputer, Pada saat ini tampilan monitor menampilkan "Welcome To Windows XP boot screen".


9. Terakhir windows menjalankan semua service yang dijadwalkan secara otomatis. Pada saat ini tampilan monitor menampilkan "logon screen".



Mengoptimalkan/Mempercepat startup Booting Windows XP & 7


#Mengoptimalkan/Mempercepat startup Booting Windows XP & 7


Dalam memakai operating system Windows XP kadang-kadang kita merasa lambat. Setelah kita cek memang banyak program yang sedang berjalan. Namun program yang sedang berjalan tersebut berjalan otomatis setiap kita menghidupkan komputer. Supaya cepat kita harus mematikan program tersebut satu persatu. Tetapi tidak semua program tersebut dapat dimatikan. Dan juga kalau setiap kali menghidupkan komputer kita harus mematikan program oersebut satu demi satu tentu akan menjengkelkan. Oleh sebab itu kita harus bisa mencegah auto start program-program tersebut secara permanen. Berikut langkah-langkah untuk mendisable autostart program-program tersebut

1. Masuk ke ke run dan jalankan msconfig
run msconfig

2. Anda akan menjumpai tampilan:

msconfig general
Silahkan masuk ke tab Startup
msconfig-startup
Uncheck program yang tidak perlu autostart.
Klik Ok

3. Masuk ke run danjalankan services.msc

run-services
4. Pilih ke tab Standard
services-standard

4.Pilih service  yang tidak perlu dijalankan secara otomatis, ubah startup typenya menjadi manual.

service-control

#Mempercepat start up booting pada win 7

How to Speed up Windows 7 Startup Choose “Startup” tab and click on it.
How to Speed up Windows 7 StartupKetik "msconfig" di kotak pencarian start menu dan tekan enter.
  1.  Pilih "Startup" tab dan klik di atasnya.
    klik pada kotak centang. Nonaktifkan startup layanan Anda tidak ingin memulai dengan awal sistem operasi. Ini akan membantu untuk mempercepat startup windows7. Di sini, Anda dapat menonaktifkan semua. Cukup klik pada tombol Nonaktifkan semua.
    Klik "OK" dan restart untuk melihat perbedaan waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar