v
KEYBOARD
Keyboard adalah
perangkat keras pada komputer yang berbentuk papan dengan berbagai macam fungsi perintah yang selanjutnya dikirim ke
perangkat CPU. Keyboard terdiri dari banyak tombol ketik dengan simbol
masing-masing. Mulai dari awal ditemukannya sampai sekarang, keyboard sudah
mengalami banyak penyesuaian.
Keyboard yang banyak dipakai sekarang ini adalah keyboard model Qwerty, dimana penyusunan tiap-tiap hurufnya sudah disesuaikan untuk kenyamanan mengetik dengan menggunakan 10 jari.
Bagian-bagian keyboard yaitu papan ketik yang terbuat dari plastik, line PCB yang berfungsi sebagai konduktor untuk mengirimkan perintah dari/ menuju CPU, dan kabel data yang bisa berupa kabel USB maupun kabel standar untuk keyboard.
Menurut tata letak
tombolnya keyboard komputer di bagi menjadi beberapa macam:
1. Jenis QWERTY
Tata letak tombol ini di temukan oleh Scholes,Glidden, dan Soule pada kisaran tahun 1878 dan kemudian menjadi standart mesin ketik pada tahun 1905.
2. Jenis DVORAK
Ketidakefisienan yg dijumpai pada tata letak tombol jenis QWERTY dicoba diperbaiki dengan tata letak DVORAK yangg dirancang kisaran tahun 1932. Tata letak tombol DVORAK menggunakan susunan papan ketik yang sama,tetapi susunannya dirubah sedemikian rupa yg membuat tangan kanan bekerja lebih banyak daripada tangan kiri.
3. Jenis Alphabetik
Tombol tombol pada papan ketik Alphabetik ini sama persih dengan tombol jenis QWERTY dan DVORAK tetapi susunan hurufnya berurutan seperti susunan huruf Alphabeth.
1. Jenis QWERTY
Tata letak tombol ini di temukan oleh Scholes,Glidden, dan Soule pada kisaran tahun 1878 dan kemudian menjadi standart mesin ketik pada tahun 1905.
2. Jenis DVORAK
Ketidakefisienan yg dijumpai pada tata letak tombol jenis QWERTY dicoba diperbaiki dengan tata letak DVORAK yangg dirancang kisaran tahun 1932. Tata letak tombol DVORAK menggunakan susunan papan ketik yang sama,tetapi susunannya dirubah sedemikian rupa yg membuat tangan kanan bekerja lebih banyak daripada tangan kiri.
3. Jenis Alphabetik
Tombol tombol pada papan ketik Alphabetik ini sama persih dengan tombol jenis QWERTY dan DVORAK tetapi susunan hurufnya berurutan seperti susunan huruf Alphabeth.
4. Jenis Klockenberg
Tata letak tombol ini dikembangkan dengan memasukan unsur Ergonomik atau kenyamanan kerja. Walaupun papan ketik ini tidak sepopuler seperti jenis QWENTY tetapi menggunakan tombol ini bisa mengurangi beban otot pada jari jemari dan pergelangan tangan dan mengurangi beban otot pada tangan dan bahu.
5. Jenis Palantype
Papan ketik jenis ini memiliki tiga kelompok karakter tombol. Di bagian kiri menunjukan kelompok konsonan awal sebuah sebuah kata, bagian tengah menunjukan kelompok vokal,dan bagian kanan menunjukan kelompok konsonan akhir sebuah kata. Tetapi pada papan ketik jenis Palantype ini tidak seluruh konsonan dan vokal dalam alphabet ada di tombol ini. Kita harus menggunakan kombinasi beberapa tombol yang ada.
6. Jenis Stenotype
Steno adalah jenis tulisan singkat yang sering digunakan untuk mencatat ucapan seseorang. Papan ini mempunyai kelebihan yang hampir sama dengan papan ketik Palantype.
Tata letak tombol ini dikembangkan dengan memasukan unsur Ergonomik atau kenyamanan kerja. Walaupun papan ketik ini tidak sepopuler seperti jenis QWENTY tetapi menggunakan tombol ini bisa mengurangi beban otot pada jari jemari dan pergelangan tangan dan mengurangi beban otot pada tangan dan bahu.
5. Jenis Palantype
Papan ketik jenis ini memiliki tiga kelompok karakter tombol. Di bagian kiri menunjukan kelompok konsonan awal sebuah sebuah kata, bagian tengah menunjukan kelompok vokal,dan bagian kanan menunjukan kelompok konsonan akhir sebuah kata. Tetapi pada papan ketik jenis Palantype ini tidak seluruh konsonan dan vokal dalam alphabet ada di tombol ini. Kita harus menggunakan kombinasi beberapa tombol yang ada.
6. Jenis Stenotype
Steno adalah jenis tulisan singkat yang sering digunakan untuk mencatat ucapan seseorang. Papan ini mempunyai kelebihan yang hampir sama dengan papan ketik Palantype.
Fungsinya adalah
mengirimkan perintah dari tiap huruf maupun angka yang kita ketikkan kemudian
menyampaikannya ke CPU dan selanjutnya perintah manual tersebut akan di rubah
menjadi sinyal-sinyal digital sehingga dapat dimengerti oleh prosessor.
Sebuah keyboard seperti miniatur
komputer. keyboard mempunyai prosesor sendiri dan rangkaian sirkuit yang
membawa informasi menuju dan dari prosesor tersebut. Bagian terbesar dari
rangkaian keyboard berupa “key matrix” .
Processor dan rangkaian keyboard
“Key matrix” adalah sebuah kisi rangkaian dibawah tombol-tombol keyboard. Di dalam
keyboard, tiap rangkaiannya terputus (seperti saklar) pada titik dibawah tiap
tombol. Ketika kita menekan sebuah tombol, tombol tersebut menekan sebuah saklar,
menjadikan rangkaian tersambung dan mengalirkan arus listrik melaluinya. Jika
kita lama pada tombol, prosesor mengenalinya sama dengan menekan tombol
tersebut berulang-ulang..
Ketika prosesor menemukan rangkaian
tertutup (tersambung karena adanya penekanan tombol), maka prosesor akan
membandingkan lokasi yang rangkaian tertutup tersebut dengan peta karakter yang
tersimpan dalam ROM (read only memory) keyboard. Peta karakter pada dasar nya
adalah tabel daftar karakter yaitu daftar posisi tiap-tiap tombol atau
kombinasi tombol beserta karakter yang direpresentasikannya. Sebagai contoh,
peta karakter memberitahu prosesor bahwa menekan tombol “a” sendirian
menghasilkan huruf kecil “a”, tetapi tombol Shift bersama tombol “a”
bersama-sama akan menghasilkan huruf kapital “A”.
Matriks tombol pada keyboard
Komputer juga dapat menggunakan peta
karakter tersendiri, berbeda dengan peta karakter dari keyboard. Hal ini
berguna jika pengguna mengetik dalam bahasa yang hurufnya tidak sama dengan
huruf dalam bahasa inggris (huruf latin umumnya). Pengguna dapat mengatur
komputernya agar menerjemahkan tombol keyboardnya seolah-olah mengetik
menggunakan keyboard Dvorak walaupun keyboard yang sebenarnya digunakan adalah
keyboard Qwerty. Sebagai tambahan, sistem operasi dan program aplikasi
mempunyai pengaturan penggunaan keyboardnya yang memungkinkan pengguna mengubah
kelakukan keyboardnya untuk menyesuaikan kekurangan yang ada seperti diuraikan
diatas.
v
MOUSE
Pengertian
dari mouse adalah sebuah perangkat keras (hardware) yang terhubung ke komputer
baik melalui kabel / nirkabel. Mengapa dinamakan mouse? jawabannya adalah
karena bentuk awal dari piranti ini menyerupai tikus. Selain itu, kabel yang
menghubungkan mouse dengan komputer bentuknya mirip dengan ekor tikus. Sebagai
tambahan informasi bagi pengetahuan kita, komputer pertama yang dijual satu
paket bersama dengan mouse adalah jenis Xerox Star yang diluncurkan pada tahun
1981. Walaupun saat ini keberadaan mouse sudah banyak tergantikan dengan
perangkat touchpad dimana semua fungsi dari mouse bisa dilakukan dengan
menggunakan touchpad ini, namun masih lebih banyak user yang lebih memilih
menggunakan mouse daripada touchpad.
Berikut ini adalah beberapa fungsi mouse:
1.
Memasukkan
perintah kepada komputer dimana cara kerja dari mouse ini adalah dengan cara
menggeser - geser mouse di permukaan papan yang datar.
2.
Penggerak
pointer untuk menunjukkan lokasi tertentu di layar monitor
3.
Digunakan
untuk melakukan kegiatan yang disebut dengan: klik (memilih item), double klik
(membuka file), klik tahan dan geser / drag drop (memindahkan item) dan klik
kanan (menampilkan pilihan menu perintah.
4.
Berfungsi
untuk menggulung (scrolling) layar dengan menggunakan roda scroll
5.
Mendeteksi
gerakan 2 dimensi secara relatif terhadap posisinya sekarang.
6.
Membuat
pekerjaan menjadi lebih mudah dan cepat. Terlebih bagi kita yang sering
melakukan aktivitas mengedit foto atau membuat desain.
7.
Memperbesar
atau juga memperkecil tampilan worksheet.
8.
Mengaktifkan
command button dan juga melakukan suatu aksi tertentu pada aplikasi.
9.
Untuk
perintah yang tidak menyediakan menu shortcut, tombol kanan pada mouse
berfungsi sebagai tombol enter.
10.
Mouse
juga bisa berfungsi sebagai pengontrol perbesaran tampilan objek.
11.
Mouse
juga mampu berfungsi melakukan konversi dan isntruksi ke dalam bentuk sinyal
elektronik yang dapat dimengerti oleh komputer.
Jenis-jenis
Mouse
Berdasarkan
jenis penggeraknya mouse dibagi menjadi 3, yaitu:
1. Mouse Bola
Perawatan khusus dan
harus sering dibersihkan, mouse jenis ini sudah jarang dipakai.
2. Mouse Optikal
Mouse jenis ini
menggunakan sinar LED sebagai penggerak pointer. Prinsip kerjanya adalah
menggunakan sensor optic yang mengambil gambar aat mouse bergerak. Perubahan
gambar saat mouse bergerak ini kemudian diterjemahkan oleh chip khusus kedalam
sumbu vertical dan horizontal. Mouse ini paling banyak digunakan oleh para
pengguna computer saat ini.
3. Mouse Laser
Jenis mouse ini
mempunyai prinsip kerja yang sama dengan mouse optikal. Bedanya mouse ini
menggunakan sinar laser sebagai penggerak.dengan menggunakan mouse ini
keakuratan penggerak pointer bisa 20kali lebih akurat daripada menggunakan
mouse optika. Karena harganya yang masih mahal,mouse ini jarang dipakai.
Berdasarkan sarana koneksi, mouse dibagi menjadi 4,
yaitu:
1. Mouse Serial
Mouse ini menggunakan
kabel serialsebagai sarana koneksi ke computer. Jenis mouse ini biasanya
dipakai untuk computer Pentium 1.
2. Mouse USB
Mouse ini menggunakan
port USB sebagai sarana koneksi ke computer. Biasanya mouse jenis ini dipakai
oleh para pengguna laptop.
3. Mouse PS2
Mouse ini menggunakan
port PS2 sebagai sarana koneksi dengan computer. Jenis mouse ini sudah banyak
dipakai oleh para pengguna computer.
4. Mouse Wireless
Mouse ini menggunakan
sinyal wifi sebagai sarana koneksi dengan computer.
Jika memakai mouse
optikal, maka kita bisa mengetahui keakuratan mouse tersebut dalam menggerakkan
pointer dengan melihat besarnya dpi yang tertera pada mouse. Semakin besar dpi,
maka semakin akurat mouse tersebut dalam menggunakan pointer.
Pada dasarnya, penunjuk (pointer) yang dikenal dengan sebutan
“Mouse” dapat digerakkan kemana saja berdasarkan arah gerakan bola kecil yang
terdapat dalam mouse. Jika kita membuka dan mengeluarkan bola kecil yang
terdapat di belakang mouse, maka akan terlihat 2 pengendali gerak di dalamnya.
Kedua pengendali gerak tersebut dapat bergerak bebas dan mengendalikan
pergerakan penunjuk, yang satu searah horisontal (mendatar) dan satu lagi
vertikal (atas dan bawah).
Jika kita hanya menggerakkan pengendali horisontal maka penunjuk hanya akan bergerak secara horisontal saja pada layar monitor komputer. Dan sebaliknya jika penunjuk vertikal yang digerakkan, maka penunjuk (pointer) hanya bergerak secara vertikal saja dilayar monitor. Jika keduanya kita gerakkan maka gerakan penunjuk (pointer) akan menjadi diagonal. Nah, jika bola kecil dimasukkan kembali, maka bola itu akan menyentuh dan menggerakkan kedua pengendali gerak tersebut sesuai dengan arah mouse yang kita gerakkan
v
Trackball
Merupakan
perangkat yang sejenis dengan mouse atau stylus. Alat ini mirip mouse yang
dibalik dan digunakan dengan menggelindingkan bolanya.
Prinsip kerja dari trackball hampir sama
dengan mouse. Perbedaan utama terletak pada konfigurasinya. Pada mouse operator
harus menggerakkan seluruh badan dari mouse tersebut, sedangkan pada trackball
badan dari trakcball tersebut tetap diam, tetapi tangan operatorlah yang
menggerakkan bola untuk menunjukkan perpindahan kursor. Dengan cara demikian, trackball
cukup ditempatkan pada tempat yang sempit pada sebuah meja kerja. Arah dan
kecepatan kursor pada layar ditentukan oleh arah dan rotasi bola yang ada di
atas badan trackball.
Jenis-Jenis Trackball
v SlimBlade™ Trackball
v Expert Mouse®
v SlimBlade™ Trackball Mouse
v Orbit® Optical Trackball
v 5.PRODUSEN TRACKBALL
5. PRODUSEN TRACKBALL
v SlimBlade™ Trackball
v Expert Mouse®
v SlimBlade™ Trackball Mouse
v Orbit® Optical Trackball
v 5.PRODUSEN TRACKBALL
5. PRODUSEN TRACKBALL
a.China
v Shenzhen Baitong Industrial Co., Ltd.
v SZ KMY Co., Ltd.
v Shenzhen Sunson Financial Equipment Co., Ltd.
v Rixing Plastic Production Factory
v Yezone Electronic Co., Ltd.
v Shenzhen Callan Trading Co., Ltd.
v Belson Imaging Technology Co., Ltd.
v Guangzhou Yuexiu District Chnlan Electronic Firm
v Guangzhou Xinquan Electronic Co., Ltd.
v Shenzhen Dealfon Technology Co., Ltd.
v Key Technology Limited
v Kingleader Technology Co., Ltd
v Inputel Technology Co.,Ltd
v Shenzhen Baitong Industrial Co., Ltd.
v SZ KMY Co., Ltd.
v Shenzhen Sunson Financial Equipment Co., Ltd.
v Rixing Plastic Production Factory
v Yezone Electronic Co., Ltd.
v Shenzhen Callan Trading Co., Ltd.
v Belson Imaging Technology Co., Ltd.
v Guangzhou Yuexiu District Chnlan Electronic Firm
v Guangzhou Xinquan Electronic Co., Ltd.
v Shenzhen Dealfon Technology Co., Ltd.
v Key Technology Limited
v Kingleader Technology Co., Ltd
v Inputel Technology Co.,Ltd
b.HongKong
v Shenzhen Baitong Industrial Co., Ltd. [
v SZ KMY Co., Ltd
v Shenzhen Sunson Financial Equipment Co., Ltd.
v 4.Rixing Plastic Production Factory
v 5.Yezone Electronic Co., Ltd.
v 6. Shenzhen Callan Trading Co., Ltd.
v 7. Belson Imaging Technology Co., Ltd.
v 8. Guangzhou Yuexiu District Chnlan Electronic Firm
v 9. Guangzhou Xinquan Electronic Co., Ltd.
v 10.Shenzhen Dealfon Technology Co., Ltd
v 11.Key Technology Limited
v 12.Kingleader Technology Co., Ltd
v 13. Inputel Technology Co.,Ltd
v Shenzhen Sunson Financial Equipment Co., Ltd.
v 4.Rixing Plastic Production Factory
v 5.Yezone Electronic Co., Ltd.
v 6. Shenzhen Callan Trading Co., Ltd.
v 7. Belson Imaging Technology Co., Ltd.
v 8. Guangzhou Yuexiu District Chnlan Electronic Firm
v 9. Guangzhou Xinquan Electronic Co., Ltd.
v 10.Shenzhen Dealfon Technology Co., Ltd
v 11.Key Technology Limited
v 12.Kingleader Technology Co., Ltd
v 13. Inputel Technology Co.,Ltd
Trackball pertama tahun 1978 dan digunakan
untuk game pertarungan di Atari. Game pertama yang menggunakan Trackball adalah
Atari Footbal
Tahun 1995 trackball menjadi standar
perangkat yang digunakan untuk menjalankan game.
v SCANNER
Scanner
adalah alat inputan komputer dengancara kerjanya yaitu membaca gambar
menggunakan sinar kemudian hasilnyadimasukkan kedalam komputer berupa gambar.
Scanner merupakan perangkat yang cara kerjanya sama dengan cara kerjanya mesin
fotocopy.
1. Flatbed Scanner
Scanner jenis ini merupakan
scanner yang umum digunakan oleh orang. Scanner ini mempunyai bentuk panjang
dan sedikit tebal. Scanner ini terdapat sebuah kaca tembus pandang yang
digunakan scanner untuk menscan. Scanner ini biasa digunakan untuk
menscan gambar, kertas, ataupun
dokumen lainnya. Meskipun demikian scanner ini juga bisa digunakan untuk
menscan benda, seperti patung kecil. Hanya saja scanner ini tidak mampu atau
tidak cocok untuk menscan objek 3 dimensi.
2. Automatic document feeder
Jenis scanner yang satu ini
merupakan scanner yang bentuknya mirip dengan printer. Scanner ini biasanya
terdapat juga pada printer all in one, mesin fax dan mesin fotokopi. Jenis
scanner ini menscan dokumen layaknya sebuah printer. Yang dimana kertas yang
ingin discan bisa diletakkan semuanya ke baki penampung kertas dan scanner
tersebut akan otomatis menscan kertas satu persatu.
3. Scanner Drum
Scanner ini mempunyai cara
menscan dengan memutarkan kertas atau foto yang telah dimasukkan ke dalam drum
scannertersebut. Scanner ini memproduksi hasil scan yang sangat bagus dan cocok
untuk menscan foto.
Letakkan gambar/kertas diatas permukaan
kaca scanner/pemindai dan menekan tombol mouse untuk memulai memindai yang
terjadi adalah cahaya yang dipancarkan lampu scanner ke gambar akan segera
dipantulkan, kemudian pantulan yang dihasilkan akan dibaca oleh sejumlah cermin
menuju lensa scanner. Cahaya pantulan tersebut akhirnya akan sampai ke sensor
CCD (CCD merupakan komponen inti dari scanner yang fungsinya untuk menangkap
gambar/tulisan).
Kemudian sensor CCD akan mengukur
intensitas cahaya dan panjang gelombang yang dipantulkan dan mengubahnya
menjadi tegangan listrik analog. Selanjutnya tegangan analog tersebut akan
diubah menjadi nilai digital oleh ADC (Analog to Digital). Sinyal digital dari
sensor CCD akan dikirim ke papan logik dan dikirimkan kembali ke komputer dalam
bentuk data digital yang menunjukan warna pada titik-titik gambar yang
dipantulkan. Gambar/tulisan yang telah terlihat di layar monitor komputer dapat
disimpan ataupun diedit sesuai dengan kebutuhan
v Joystick
Merupakan alat yang digunakan
dalam permainan didalam computer dan memiliki banyak fungsi dan kegunaan yang
diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari.
Joystick biasa digunakan untuk mengendalikan
aplikasi permainan (game). Pada prinsipnya cara kerja joystick sama dengan
mouse hanya saja penggerak penunjuk layar berupa tongkat kecil.
Cara Kerja
Joystick
Gb. 2.4.1 Joystick Element
1. Stick
2. Base
3. Trigger
4. Extra buttons
5. Autofire switch
6. Throttle
7. Hat Switch (POV
Hat)
8. Suction Cup
Tidak ada komentar:
Posting Komentar